Visi dan Misi
- VISI SEKOLAH
“Terwujudnya peserta didik yang Beriman, Bertaqwa Berprestasi Ramah dan Inovatif, (BESTARI) ”
- INDIKATOR VISI SEKOLAH
Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:.
1. Membentuk pribadi yang Beriman dan bertaqwa
2. Membentuk pribadi yang Berbudi luhur
3. Meningkatkan prestasi siswa berprestasi baik akademik maupun akademik.
4. Membentuk siswa yang peduli terhadap lingkungan
5. Tercapai transformasi digitaliasi sekolah
- MISI SEKOLAH
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri Sigedong 01 menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
- Mengembangkan kepribadian siswa dengan pendidikan agama dan pendidikan pancasila.
- Membentuk peserta didik yang cerdas berprestasi,dan berakhlak mulia dengan mengembangkan pembelajaran PAIKEM.
- Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan Pembiasaan, kewirausahaan,
- dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan.
- Mengembangkan IPTEK melalui kegiatan pembelajaran berbasis Informasi danTeknologi.
- Menjalin kerjasama yang harmonis antar warga sekolah dan lembaga lain yang terkait.
- Tujuan Sekolah
Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri Sokatengah 02 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
- Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
- Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi keinginan selalu belajar.
- Menyelenggarakan sistem penilaian autentik serta dikembangkan dalam sistem digitalisasi.
- Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
- Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
- Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
- Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah.
- Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
- Melaksanakan program dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
- Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
- Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
- Peserta didik memiliki sikap dan perilaku sebagai cerminan profil pelajar Pancasila.
- Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
- Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
- Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal surat-surat pendek.
- Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada iman.
- Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap potensi daerah.
- Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
- Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
- Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.
- Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
- Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
- Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
- Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif
Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik